Jumat, 25 November 2022

REPRESENTASI DATA KOMPUTER


Komputer mengolah data secara digital, yaitu melalui sinyal listrik yang diterimanya atau dikirimkannya. Pada prinsipnya, komputer hanya mengenal dua arus, yaitu on atau off, besar atau kecil, atau istilah dalam angkanya sering juga dikenal dengan 1 (satu) atau 0 (nol). Data-data yang di-input, di-proses dan disimpan dalam komputer atau media penyimpanan hanyalah kombinasi dari arus on atau (1) dan  arus off atau (0). Kombinasi-kombinasi dari dua hal ini kemudian diterjemahkan lagi sebelum dikeluarkan ke media output sesuai dengan bahasa yang dapat dimengerti oleh manusia seperti huruf, gambar, suara, bahkan film-film menarik yang ditonton dalam format digital.

Bilangan Biner
Representasi data dalam komputer yang hanya terdiri dari 2 kombinasi on (voltage rendah) dan off (voltage tinggi) sering pula dinyatakan dengan angka 1 mewakili on dan 0 untuk off.  Dua kombinasi angka ini sering dikenal dengan bilangan biner.
Operasi aritmatika yang biasa dilakukan dalam perhitungan pada bilangan desimal penjumlahan dan pengurangan juga dapat diterapkan pada bilangan biner.  Operasi aritmatika pada billangan biner yang hanya diwakili dengan kombinasi arus listrik on dan off  dapat dilakukan dengan fungsi aljabar boolen (gerbang logika).    
Konsep Bilangan Biner dan Desimal
Perbedaan mendasar dari metoda biner dan desimal adalah berkenaan dengan basis. Jika desimal berbasis 10(X10) berpangkatkan 10x, maka untuk bilangan biner berbasiskan 2(X2) menggunakan perpangkatan 2x. Sederhananya perhatikan contoh di bawah ini!
Aritmatika Biner
Pada bagian ini akan membahas penjumlahan dan pengurangan biner. Perkalian biner adalah pengulangan dari penjumlahan; dan juga akan membahas pengurangan biner berdasarkan ide atau gagasan komplemen.

Aritmatika Biner Dengan Gerbang Logika 
Aturan diatas dikerjakan berdasarkan pada aturan dan logika manusia, pekerjaan seperti ini tidak dapat dilakukan oleh peralatan elektronik, namun dengan peralatan elektronik yang hanya mengenal arus listrik, ON dan OFF atau Tegangan Besar dan Kecil yang diwakili dengan angka 0 dan 1 seperti yang dijelaskan sebelumnya, maka aturan pengurangan yang dilakukan oleh manusia dapat diatur sedemikian rupa ke peralatan elektronik dengan pensaklaran yang disering dikenal dengan gerbang logika.
Gerbang logika atau sering juga disebut gerbang logika Boolean merupakan sebuah sistem pemrosesan dasar yang dapat memproses input-input yang berupa bilangan biner menjadi sebuah output yang berkondisi yang akhirnya digunakan untuk proses selanjutnya. Gerbang logika dapat mengkondisikan input - input yang masuk kemudian menjadikannya sebuah output yang sesuai dengan apa yang ditentukan olehnya. 

  Alur pemrosesan data
Input >>> i/o >>> proses >>> memori >>> storage >>> memori >>> proses >>> i/o >>> output
Keterangan:

Input : data yang akan di proses atau dibuat.
I/O : Input / Output.
Proses : Pengolahan data yang dimasukkan.
Memori : Tempat menyimpan data sementara pada saat data diproses.
Storage : Tempat menyimpan data secara permanen seteah diproses.
Output : Hasil dari proses yang berupa tampilan, suara, cetakan

Sistem komputer memiliki siklus pengolahan yang pasti. Siklus pengolahan itu sendiri mengacu kepada makna dari arti komputer itu sendiri. Ada tiga pokok dalam siklus pengolahan data dengan menggunakan komputer tersebut, yaitu input, proses, dan output. Sedangkan untuk proses sendiri, pemroses dibantu oleh beberapa bagian lain, yaitu program serta penyimpan (storage). Agar data dapat diterima oleh komputer dengan baik, komputer memiliki peralatan yang berfungsi untuk hal ini, yang disebut dengan input device . Proses Setiap masukan yang disampaikan kepada komputer akan masuk ke pemroses, pemroses ini dikenal juga dengan nama processor . Pemroses ini bisa disebut dengan otaknya komputer. Pemroses ini akan menentukan akan diapakan informasi yang masuk tersebut. Ketentuan yang telah disusun ini adalah instruction setInstruction set ini merupakan format baku perintah yang dapat dilaksanakan oleh pemroses. Pemroses memiliki hubungan dengan media input, program, storage serta media output. Program merupakan kumpulan instruction set yang akan dijalankan oleh pemroses, yaitu berupa software. Program inilah yang mengendalikan semua aktifitas yang ada pada pemroses. Program berisi konstruksi logika yang dibuat oleh manusia, dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa mesin sesuai dengan format yang ada pada instruction set. Storage dalam menjalankan proses, selain proses diatur oleh program, pemroses juga memilik 

REPRESENTASI DATA KOMPUTER


Komputer mengolah data secara digital, yaitu melalui sinyal listrik yang diterimanya atau dikirimkannya. Pada prinsipnya, komputer hanya mengenal dua arus, yaitu on atau off, besar atau kecil, atau istilah dalam angkanya sering juga dikenal dengan 1 (satu) atau 0 (nol). Data-data yang di-input, di-proses dan disimpan dalam komputer atau media penyimpanan hanyalah kombinasi dari arus on atau (1) dan  arus off atau (0). Kombinasi-kombinasi dari dua hal ini kemudian diterjemahkan lagi sebelum dikeluarkan ke media output sesuai dengan bahasa yang dapat dimengerti oleh manusia seperti huruf, gambar, suara, bahkan film-film menarik yang ditonton dalam format digital.

Bilangan Biner
Representasi data dalam komputer yang hanya terdiri dari 2 kombinasi on (voltage rendah) dan off (voltage tinggi) sering pula dinyatakan dengan angka 1 mewakili on dan 0 untuk off.  Dua kombinasi angka ini sering dikenal dengan bilangan biner.
Operasi aritmatika yang biasa dilakukan dalam perhitungan pada bilangan desimal penjumlahan dan pengurangan juga dapat diterapkan pada bilangan biner.  Operasi aritmatika pada billangan biner yang hanya diwakili dengan kombinasi arus listrik on dan off  dapat dilakukan dengan fungsi aljabar boolen (gerbang logika).    
Konsep Bilangan Biner dan Desimal
Perbedaan mendasar dari metoda biner dan desimal adalah berkenaan dengan basis. Jika desimal berbasis 10(X10) berpangkatkan 10x, maka untuk bilangan biner berbasiskan 2(X2) menggunakan perpangkatan 2x. Sederhananya perhatikan contoh di bawah ini!
Aritmatika Biner
Pada bagian ini akan membahas penjumlahan dan pengurangan biner. Perkalian biner adalah pengulangan dari penjumlahan; dan juga akan membahas pengurangan biner berdasarkan ide atau gagasan komplemen.

Aritmatika Biner Dengan Gerbang Logika 
Aturan diatas dikerjakan berdasarkan pada aturan dan logika manusia, pekerjaan seperti ini tidak dapat dilakukan oleh peralatan elektronik, namun dengan peralatan elektronik yang hanya mengenal arus listrik, ON dan OFF atau Tegangan Besar dan Kecil yang diwakili dengan angka 0 dan 1 seperti yang dijelaskan sebelumnya, maka aturan pengurangan yang dilakukan oleh manusia dapat diatur sedemikian rupa ke peralatan elektronik dengan pensaklaran yang disering dikenal dengan gerbang logika.
Gerbang logika atau sering juga disebut gerbang logika Boolean merupakan sebuah sistem pemrosesan dasar yang dapat memproses input-input yang berupa bilangan biner menjadi sebuah output yang berkondisi yang akhirnya digunakan untuk proses selanjutnya. Gerbang logika dapat mengkondisikan input - input yang masuk kemudian menjadikannya sebuah output yang sesuai dengan apa yang ditentukan olehnya. 

  Alur pemrosesan data
Input >>> i/o >>> proses >>> memori >>> storage >>> memori >>> proses >>> i/o >>> output
Keterangan:

Input : data yang akan di proses atau dibuat.
I/O : Input / Output.
Proses : Pengolahan data yang dimasukkan.
Memori : Tempat menyimpan data sementara pada saat data diproses.
Storage : Tempat menyimpan data secara permanen seteah diproses.
Output : Hasil dari proses yang berupa tampilan, suara, cetakan

Sistem komputer memiliki siklus pengolahan yang pasti. Siklus pengolahan itu sendiri mengacu kepada makna dari arti komputer itu sendiri. Ada tiga pokok dalam siklus pengolahan data dengan menggunakan komputer tersebut, yaitu input, proses, dan output. Sedangkan untuk proses sendiri, pemroses dibantu oleh beberapa bagian lain, yaitu program serta penyimpan (storage). Agar data dapat diterima oleh komputer dengan baik, komputer memiliki peralatan yang berfungsi untuk hal ini, yang disebut dengan input device . Proses Setiap masukan yang disampaikan kepada komputer akan masuk ke pemroses, pemroses ini dikenal juga dengan nama processor . Pemroses ini bisa disebut dengan otaknya komputer. Pemroses ini akan menentukan akan diapakan informasi yang masuk tersebut. Ketentuan yang telah disusun ini adalah instruction setInstruction set ini merupakan format baku perintah yang dapat dilaksanakan oleh pemroses. Pemroses memiliki hubungan dengan media input, program, storage serta media output. Program merupakan kumpulan instruction set yang akan dijalankan oleh pemroses, yaitu berupa software. Program inilah yang mengendalikan semua aktifitas yang ada pada pemroses. Program berisi konstruksi logika yang dibuat oleh manusia, dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa mesin sesuai dengan format yang ada pada instruction set. Storage dalam menjalankan proses, selain proses diatur oleh program, pemroses juga memilik

REPRESENTASI DATA KOMPUTER


Komputer mengolah data secara digital, yaitu melalui sinyal listrik yang diterimanya atau dikirimkannya. Pada prinsipnya, komputer hanya mengenal dua arus, yaitu on atau off, besar atau kecil, atau istilah dalam angkanya sering juga dikenal dengan 1 (satu) atau 0 (nol). Data-data yang di-input, di-proses dan disimpan dalam komputer atau media penyimpanan hanyalah kombinasi dari arus on atau (1) dan  arus off atau (0). Kombinasi-kombinasi dari dua hal ini kemudian diterjemahkan lagi sebelum dikeluarkan ke media output sesuai dengan bahasa yang dapat dimengerti oleh manusia seperti huruf, gambar, suara, bahkan film-film menarik yang ditonton dalam format digital.

Bilangan Biner
Representasi data dalam komputer yang hanya terdiri dari 2 kombinasi on (voltage rendah) dan off (voltage tinggi) sering pula dinyatakan dengan angka 1 mewakili on dan 0 untuk off.  Dua kombinasi angka ini sering dikenal dengan bilangan biner.
Operasi aritmatika yang biasa dilakukan dalam perhitungan pada bilangan desimal penjumlahan dan pengurangan juga dapat diterapkan pada bilangan biner.  Operasi aritmatika pada billangan biner yang hanya diwakili dengan kombinasi arus listrik on dan off  dapat dilakukan dengan fungsi aljabar boolen (gerbang logika).    
Konsep Bilangan Biner dan Desimal
Perbedaan mendasar dari metoda biner dan desimal adalah berkenaan dengan basis. Jika desimal berbasis 10(X10) berpangkatkan 10x, maka untuk bilangan biner berbasiskan 2(X2) menggunakan perpangkatan 2x. Sederhananya perhatikan contoh di bawah ini!
Aritmatika Biner
Pada bagian ini akan membahas penjumlahan dan pengurangan biner. Perkalian biner adalah pengulangan dari penjumlahan; dan juga akan membahas pengurangan biner berdasarkan ide atau gagasan komplemen.

Aritmatika Biner Dengan Gerbang Logika 
Aturan diatas dikerjakan berdasarkan pada aturan dan logika manusia, pekerjaan seperti ini tidak dapat dilakukan oleh peralatan elektronik, namun dengan peralatan elektronik yang hanya mengenal arus listrik, ON dan OFF atau Tegangan Besar dan Kecil yang diwakili dengan angka 0 dan 1 seperti yang dijelaskan sebelumnya, maka aturan pengurangan yang dilakukan oleh manusia dapat diatur sedemikian rupa ke peralatan elektronik dengan pensaklaran yang disering dikenal dengan gerbang logika.
Gerbang logika atau sering juga disebut gerbang logika Boolean merupakan sebuah sistem pemrosesan dasar yang dapat memproses input-input yang berupa bilangan biner menjadi sebuah output yang berkondisi yang akhirnya digunakan untuk proses selanjutnya. Gerbang logika dapat mengkondisikan input - input yang masuk kemudian menjadikannya sebuah output yang sesuai dengan apa yang ditentukan olehnya. 

  Alur pemrosesan data
Input >>> i/o >>> proses >>> memori >>> storage >>> memori >>> proses >>> i/o >>> output
Keterangan:

Input : data yang akan di proses atau dibuat.
I/O : Input / Output.
Proses : Pengolahan data yang dimasukkan.
Memori : Tempat menyimpan data sementara pada saat data diproses.
Storage : Tempat menyimpan data secara permanen seteah diproses.
Output : Hasil dari proses yang berupa tampilan, suara, cetakan

Sistem komputer memiliki siklus pengolahan yang pasti. Siklus pengolahan itu sendiri mengacu kepada makna dari arti komputer itu sendiri. Ada tiga pokok dalam siklus pengolahan data dengan menggunakan komputer tersebut, yaitu input, proses, dan output. Sedangkan untuk proses sendiri, pemroses dibantu oleh beberapa bagian lain, yaitu program serta penyimpan (storage). Agar data dapat diterima oleh komputer dengan baik, komputer memiliki peralatan yang berfungsi untuk hal ini, yang disebut dengan input device . Proses Setiap masukan yang disampaikan kepada komputer akan masuk ke pemroses, pemroses ini dikenal juga dengan nama processor . Pemroses ini bisa disebut dengan otaknya komputer. Pemroses ini akan menentukan akan diapakan informasi yang masuk tersebut. Ketentuan yang telah disusun ini adalah instruction setInstruction set ini merupakan format baku perintah yang dapat dilaksanakan oleh pemroses. Pemroses memiliki hubungan dengan media input, program, storage serta media output. Program merupakan kumpulan instruction set yang akan dijalankan oleh pemroses, yaitu berupa software. Program inilah yang mengendalikan semua aktifitas yang ada pada pemroses. Program berisi konstruksi logika yang dibuat oleh manusia, dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa mesin sesuai dengan format yang ada pada instruction set. Storage dalam menjalankan proses, selain proses diatur oleh program, pemroses juga memilikhubungan dengan media input, program, storage serta media output. Program merupakan kumpulan instruction set yang akan dijalankan oleh pemroses, yaitu berupa software. Program inilah yang mengendalikan semua aktifitas yang ada pada pemroses. Program berisi konstruksi logika yang dibuat oleh manusia, dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa mesin sesuai dengan format yang ada pada instruction set. Storage dalam menjalankan proses, selain proses diatur oleh program, pemroses juga memiliki akses ke media penyimpan yang disebut dengan storage. Storage ini berfungsi untuk menyimpan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi pemroses, baik untuk penyimpan sementara maupun untuk jangka panjang. Proses untuk mengambil data atau menyimpan data pada storage ini dilaksanakan oleh pemroses sesuai dengan perintah yang diterima pemroses dari program yang sedang ia jalankan. Output Merupakan aktifitas menerima data dari hasil pengolahan pada bagian pemroses. Jika terdapat data pada aktifitas output ini, berarti pemroses menyerakan tugas selanjutnya kepada bagian ini. Tentu saja pada bagian ini diperlukan juga peralatan yang bekerja, dimana peralatan terebut disebut dengan output device.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Senang belajar online - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -